Selasa, 10 Juli 2012

menghafal alquran

TIPS PINTAR MENGHAFAL AL-QURAN


Teman-teman TIPS PINTAR MENGHAFAL AL-QURAN
ini diambil dari buku : "Cara cerdas menghafal al Quran, Dr. Raghib A". Semoga menghafal al-Qurannya tercapai ya dan bermanfaat.
 Ada sepuluh nih.. Tips Menghafal Qurann :


1. Niat ikhlas dan tekad kuat Menghafal al Qur’an adalah amal mulia. Tapi tanpa niat ikhlas hanya untuk mendapat ridha-Nya, kemuliaan dan selamat dari siksa, amalan hanya akan sia-sia. Apresiasi dari manusia berupa pujian, penghormatan dan rasa segan hanyalah sementara. Jangan sampai semua itu menodai amal kita, atau bahkan menjadikan pahalanya musnah dan amalan pun sia-sia

2. Berdo’a dan berusaha keras menghindari maksiat Memohonlah kepada Allah, karena do’a orang mukmin takkan pernah sia-sia. Memintalah agar Allah berkenan menganugerahkan nikmat hafalan al Qur’an pada kita. Tentang maksiat, Adh-Dhahak bin Muzahim berkata, ”Tidaklah seseorang mempelajari al Qur’an lalu ia lupa akan hafalannya, melainkan karena dosa yang dilakukannya.”

3. Mempelajari tajwid dan tahsin. Mempelajari tajwid dan tahsin dalam menghafal al Qur’an adalah hal yang tak bisa ditawar. Sangatlah ironis jika hafal banyak ayat, tapi bacaannya masih salah dan kurang fasih.

4. Mengulang (tikrar) dan memperdengarkan (tasmi’) hafalan. Hal ini akan membantu pemindahan memori dari otak kiri yang cepat hafal tapi mudah hilang, ke otak kanan yang lamban tapi dapat bertahan lama, sekaligus koreksi bacaan berupa ayat atau kalimat yang terlewat.

5. Shalat dengan bacaan yang telah dihafal. Dengan hafalan baru, kita membuat bacaan shalat kita lebih bervariatif dan lebih beratsar (berbekas).

6. Memahami makna ayat.  Memahami makna ayat adalah jurus ampuh memudahkan hafalan. Terutama ayat-ayat yang berisi kisah dan hukum

  7. Berusaha mengamalkan. Para shahabat tidak berpindah dari mempelajari 10 ayat sebelum mengamalkannya.

8. Bergabung dalam kelompok Dengan berkumpul bersama penghafal, semangat dan keistiqomahan kita dapat terjaga.

9. Gunakan satu jenis mushaf. Bergonta-ganti mushaf berefek kurang baik pada hafalan. Dengan menggunakan satu mushaf, kinerja otak akan terbantu dan hafalan pun akan lebih lancar.

10. Memanfaatkan usia emas dalam menghafal. Usia emas untuk menghafal yang dimaksud adalah usia antara 5 sampai kurang lebih 23 tahun. Pada usia ini kekuatan hafalan sangat bagus. Adapun usia setelahnya, bukan berarti kesempatan menghafal tertutup. Karena menghafal adalah pekerjaan ketekunan dan kesabaran, siapa yang tekun dan sabar, hasil yang dicapai insyaallah tetap memuaskan.

“Sebenarnya, Al Qur’an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zhalim (QS. Al Ankabut : 49).

TIPS PINTAR MENGHAFAL AL-QURAN. Selamat Menghafal Al-Quran yYYY. Jangan lupa pula untuk mengIMPLEMENTASIKANnya !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar